Makalah Tentang "DAFTAR NILAI SISWA"
KATA PENGANTAR
Segala puji bagi Tuhan yang telah menolong hamba-Nya menyelesaikan makalah ini dengan penuh kemudahan. Tanpa pertolongan Dia mungkin penyusun tidak akan sanggup menyelesaikan dengan baik.
Makalah ini disusun agar pembaca dapat mengetahui nilai siswa kelas IPA 1 grup A terhadap mutu pengajaran yang kami sajikan berdasarkan pengamatan dari berbagai sumber. Makalah ini di susun oleh penyusun dengan berbagai rintangan. Baik itu yang datang dari diri penyusun maupun yang datang dari luar. Namun dengan penuh kesabaran dan terutama pertolongan dari Tuhan akhirnya makalah ini dapat terselesaikan.
Makalah ini memuat tentang “Nilai Siswa Selama Proses Pembelajaran di Sekolah” dan sengaja dipilih agar siswa dapat mengukur kemampuannya sehingga memudahkan siswa untuk menjadi lebih baik dalam menerima pembelajaran
Penyusun juga mengucapkan terima kasih kepada guru/dosen pembimbing yang telah banyak membantu penyusun agar dapat menyelesaikan makalah ini.
Semoga makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca. Walaupun makalah ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Penyusun mohon untuk saran dan kritiknya. Terima kasih.
Penulis
Agam Pelawira Putra
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR..................................................................................................................................1
DAFTAR ISI..............................................................................................................................................2
BAB I PENDAHULUAN.............................................................................................................................3
A. LATAR BELAKANG MASALAH..............................................................................................................3
B. IDENTIFIKASI MASALAH......................................................................................................................4
C. PEMBATASAN MASALAH....................................................................................................................4
D. PERUMUSAN MASALAH.....................................................................................................................4
BAB II PEMBAHASAN..............................................................................................................................5
A. FUNGSI PEMBUATAN NILAI................................................................................................................5
B. TABEL DAFTAR NILAI PROGRAM KEAHLIAN........................................................................................6
BAB III PENUTUP.....................................................................................................................................7
A. SIMPULAN...........................................................................................................................................7
B. SARAN.................................................................................................................................................7
Daftar Pustaka........................................................................................................................................8
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG MASALAH
Terkadang para siswa tidak menyadari apa yang sedang mereka peroleh dalam belajar, siswa seenaknya saja menuntut ilmu tanpa memikirkan biaya yang harus di bayar oleh orang tua mereka. Memang pada awalnya siswa tersebut dilahirkan berbuat baik,menaati perintah orangtua/guru dan menuntut ilmu sesuai dengan apa yang sudah mestinya tetapi keadaan itu berubah drastis oleh berbagai macam faktor salah satunya ialah faktor internal atau faktor yang ada didalam keluarganya, yang membuat tingkah lakunya menjadi arogan/seenaknya saja tanpa ada batasannya, dan yang kedua ialah faktor eksternal yaitu faktor lingkungan, banyak sekali siswa yang terjebak oleh rayuan-rayuan lingkungan yang membuat siswa tersebut mudah mengukuti ajaran yang sesat yang membuat nilai dalam pelajaran menjadi hancur karena nilai-nilai yang dia peroleh tidak membuat orang tua bangga melainkan kecewa melihat anaknya tidak berhasil mencapai prestasi di sekolahnya.
Disini saya akan membuat makalah daftar nilai supaya siwa dapat mengontrol atau intropeksi kemampuan atau proses pembelajaran yang mereka terima dan bisa membuat dirinya terus semangat dalam menggapai cita-cita, untuk para orang tuanya juga bisa mengontrol anaknya jika hasilnya jelek bisa memberi bimbingan terhadap anaknya untu menjadi lebih baik dan memberi motivasi agar anak tersebut dapat belajar dengan baik dan terhindar dari segala macam hal yang buruk terhadap lingkungan
Dalam UUD 1945 disebutkan bahwa negara kita ingin mewujudkan masyarakat yang cerdas. Untuk mencapai bangsa yang cerdas, harus terbentuk masyarakat belajar. Masyarakat belajar dapat terbentuk jika memiliki kemampuan dan keterampilan mendengar dan minat baca yang besar. Apabila membaca sudah merupakan kebiasaan dan membudaya dalam masyarakat, maka jelas buku tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari dan merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi.
B. IDENTIFIKASI MASALAH (LATAR BELAKANG)
Sesuai dengan judul makalah ini “Daftar Nilai Program Keahlian”, terkait dengan membantu siswa dalam memperoleh nilai baik dan untuk mengoreksi kemampuan yang kita peroleh dalam pembelajaran tersebut.
Berkaitan dengan judul tersebut, maka masalahnya dapat diidentifikasi sebagai berikut :
1. Bagaimana peran guru terhadap pendidikan di sekolah
2. Bagaimana cara orangtua untuk mengontrol anaknya dalam menuntut ilmu ?
C. PEMBATASAN MASALAH.
Untuk memperjelas ruang lingkup pembahasan, maka masalah yang dibahas dibatasi pada masalah :
a. Peran daftar nilai dalam pendidikan di sekolah;
b. Cara-cara agar nilai para siswa meningkatkan mutu pendidikan di sekolah.
D. Perumusan Masalah.
Berdasarkan latar belakang dan pembatasan masalah tersebut, masalah-masalah yang dibahas dapat dirumuskan sebagai berikut :
1. Bagaimana deskripsi peran guru terhadap mutu nilai siswa di sekolah ?
2. Bagaimana deskripsi peran orangtua untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah ?
BAB II
PEMBAHASAN
daftar nilai siswa merupakan cara bagaimana siswa dapat intropeksi tehadap kemampuan yang mereka peroleh selama proses belajarnya. Dan agar misa terhidar dari pengaruh yang menghadat siswa mendapatkan nilai yang jelek.
A. FUNGSI DAFTAR NILAI SISWA
Fungsi daftar nilai siswa bagi siswa tersebut :
1.untuk mengoreksi kemampuannya
2.membuat hidupnya menjadi terarah
3.bisa menghasilkan nilai yang memuaskan
4.dapat menyenangkan orangtuanya jika siswa berprestasi
B. TABEL DAFTAR NILAI PROGRAM KEAHLIAN
No
Nama
Nilai
Jumlah Nilai
UTS
UAS
Praktikum
1
Solihin
36
37
15
88
2
Gofur
38
35
19
92
3
Chandra
35
39
14
88
4
Arya
39
35
17
91
5
Joshua
37
34
15
86
6
Noval
40
40
20
100
7
Barli
39
34
18
91
8
Radit
36
38
16
90
9
Indra
39
37
14
90
10
Andi
37
35
16
88
Total Nilai Kelas
376
364
164
Rata-rata Nilai Kelas
37,6
36,4
16,4
Nilai Terendah
35
34
14
Nilai Tertinggi
40
40
20
BAB III
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Berdasarkan uraian bahasan “Daftar Nilai Siswa disekolah” dapat disimpulkan bahwa :
1. Peranan Daftar Nilai sangat menunjang prestasi pendidikan di sekolah.
2.Daftar Nilai sangat penting dan harus ada pada setiap sekolah di semua jenjang pendidikan.
3. Pengelolaan Daftar Nilai harus dilaksanakan sesuai dengan hasil kemampuannya.
B. SARAN
Bertolak dari daftar nilai yang begitu banyak sumbangsihnya dalam pelaksanaan program pendidikan di sekolah, penyusun memberikan saran sebagai berikut:
1. Sebaiknya daftar nilai di isi sesuai dengan kemampuan siswa dalam memperoleh ilmu.
2. Peran guru dan orangtua harus lebih memberi masukan supaya terhindar dari bermacam-macam pengaruh yang negatif
DAFTAR PUSTAKA
Daftar Nilai Siswa
www.google.com
Semoga Bermanfaat buat kalian yang ingin mengetahuinya ^_^
0 komentar:
Posting Komentar